Pernyataan Majemuk

Pernyataan Majemuk

Kalimat-kalimat sederhana yang benar atau salah adalah dasar dari pernyataan. Kalimat-kalimat yang lebih besar dan kompleks dapat dikonstruksi dari pernyataan dasar dengan mengkombinasikannya dengan perangkai logika. Jadi, pernyataan (proposisi) dan perangkai logika adalah unsur dasar dari logika proposisional.
Dalam matematika, huruf-huruf $x, y, z,$ ... melambangkan variabel yang dapat diganti dengan bilangan riil dan variabelvariabel ini dapat dikombinasikan dengan operasi hitung +, x, $-$, dan $\div$. Dalam logika, huruf-huruf $p, q, r$, ... melambangkan variabel-variabel pernyataan. Pernyataan-pernyataan yang disajikan dengan huruf-huruf $p, q$, dan $r$ dinamakan sebagai pernyataan primitif.

Definisi
Variabel pernyataan adalah variabel yang dapat diganti dengan pernyataan.

Contoh:

Berikut ini adalah contoh variabel pernyataan:
p : 2+3=5.
q : 2 adalah bilangan prima.
r : $\sqrt{2}$ adalah bilangan rasional.
Variabel-variabel pernyataan dapat digabungkan dengan perangkai-perangkai logika untuk memperoleh pernyataan-pernyataan majemuk (compound statements). Nilai kebenaran dari sebuah pernyataan majemuk hanya bergantung pada nilai-nilai kebenaran dari variabel-variabel pernyataannya (komponenkomponennya) dan pada jenis perangkai logika yang digunakan.

Definisi
Pernyataan majemuk adalah pernyataan yang diperoleh dengan menggabungkan pernyataan-pernyataan primitif dengan perangkai logika.

Sebagai contoh, kita dapat mengkombinasikan variabel-variabel pernyataan dengan perangkai dan untuk membentuk pernyataan majemuk:
2 adalah bilangan prima dan $\sqrt{2}$ adalah bilangan rasional
atau
$q$ dan $r$.

Baca juga: Perangkai Logika

Hubungan dari nilai kebenaran pernyataan majemuk dan variabel-variabel penyusunnya dapat disajikan dengan sebuah tabel. Tabel ini menyajikan nilai dari sebuah pernyataan majemuk untuk semua nilai yang mungkin dari variabel-variabel penyusunnya disebut tabel kebenaran (truth table). Dalam membuat tabel kebenaran, ditulis "T" untuk benar (True) dan "F" untuk salah. (False).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)