Pengertian dan Jenis Distribusi Frekuensi

Pengertian dan Jenis Distribusi Frekuensi

Menurut Hasan (2009), distribusi frekuensi adalah susunan data menurut kelas-kelas interval tertentu atau menurut katagori tertentu dalam sebuah daftar. Menurut Riduwan (2003), distribusi frekuensi adalah penyusunan suatu data mulai dari terkecil sampai terbesar yang membagi banyaknya data kedalam beberapa kelas. Kegunaan data yang masuk dalam distribusi frekuensi adalah Untuk memudahkan data dalam penyajian, mudah dipahami, dan mudah dibaca sebagai informasi, pada gilirannya digunakan untuk perhitungan membuat gambar statistik dalam berbagai bentuk penyajian data.
Distribusi frekuensi adalah tabel atau grafik yang menggambarkan jumlah individu dari setiap kategori dalam suatu data (Gravetter & Wallnau, 2000). Melalui distribusi frekuensi, akan terlihat apakah persebaran data terpusat di suatu area atau tersebar di seluruh area (Manikandan, 2011).
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan distribusi frekuensi adalah data yang diperoleh dari suatu penelitian yang masih berupa data acak yang dapat dibuat menjadi data yang berkelompok yaitu data yang telah disusun ke dalam kelas-kelas tertentu menurut urutan tingkatannya beserta jumlah individu/satuan pada masing-masing kelas. Dengan kata lain distribusi frekuensi adalah upaya mengolah data mentah menjadi data matang dengan cara menggunakan penggolongan berdasar pada kategori-kategori tertentu.
Secara umum distribusi frekuensi terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

1. Distribusi frekuensi biasa.
2. Distribusi frekuensi relatif.
3. Distribusi frekuensi kumulatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)