Pembuktian dengan Kontradiksi

Pembuktian dengan Kontradiksi
Bukti dengan dengan menggunakan kontradiksi didasarkan pada fakta bahwa pernyataan ”Jika $P$, maka $Q$” akan bernilai salah bila $P$ benar dan $Q$ salah. Pada bukti dengan kontradiksi kita asumsikan bahwa $P$ benar dan $Q$ salah, kemudian dengan menggunakan barisan langkah- langkah logis kita mencapai suatu kontradiksi. Kesulitan meng gunakan metode pembuktian dengan kontradiksi biasanya adalah kita tidak tahu kontradiksi dalam bentuk apa yang bisa kita capai. Kadang-kadang kita mendapatkan kontradiksi berupa pernyataan $P$ dan $\sim P$ terjadi secara bersamaan. Tetapi secara umum kontradiksi yang kita capai adalah suatu pernyataan dalam bentuk $R$ dan $\sim R$ sekaligus terjadi, seperti yang kita temukan pada contoh berikut ini.
Proposisi 1.3.1
Bila $n$ adalah bilangan bulat dan $n^3 + 5$ adalah ganjil, maka $n$ adalah genap.

Hipotesis dari Proposisi 1.3.1 adalah “$n$ bilangan bulat dan $n^3+5$ adalah ganjil, dan kesimpulan dari Proposisi 1.3.1 adalah “$n$ adalah genap”. Pada bukti dengan kontradiksi kita asumsikan:
* $n$ bilangan bulat dengan $n^3 + 5$ adalah ganjil.
* $n$ adalah tidak genap atau $n$ adalah ganjil.
Kemudian kedua informasi ini kita proses untuk mendapatkan suatu kontradiksi. Dalam hal ini kita belum mengetahui kontradiksi dalam bentuk apa.
Baca juga:
- Metode Pembuktian Langsung
- Pembuktian dengan kontrapositif

Bukti Proposisi 1.3.1
Kita buktikan dengan kontradiksi. Untuk itu asumsikan $n^3+5$ adalah ganjil dan $n$ adalah ganjil. Karena $n$ ganjil, maka terdapat bilangan bulat $k$ sehingga $n = 2k + 1$. Hal ini berakibat $n^3 = (2k + 1)^3$ = $8k^3 + 12k^2 + 6k + 1 = 2(k^3 + 6k + 3k) + 1$ adalah ganjil. Sehingga $n^3+5$ adalah genap. Kontradiksi dengan fakta bahwa $(n^3+5)$ adalah ganjil.


Demikianlah materi pembuktian dengan kontradiksi. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)