Pengukuran

Pengukuran

Pengukuran

Pengukuran objek menggunakan panca indra merupakan kegiatan penting untuk menghasilkan deskripsi suatu benda. Akan tetapi, sering kali pengamatan juga dilakukan menggunakan alat ukur tertentu. Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan sesuatu yang diukur dengan besaran dan angka yang ditetapkan sebagai satuan. Pada kegiatan pengukuran, dikenal beberapa istilah seperti besaran, satuan, dan alat ukur.

1. Besaran

Besaran didefenisikan sebagai segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Contoh besaran adalah massa, panjang, berat, dan suhu. Secara umum, besaran dapat dibedakan menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

a. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu. Besaran pokok digunakan sebagai dasar bagi terbentuknya besaran-besaran yang lain (besaran turunan). Ada 7 (tujuh) buah besaran pokok yaitu:
1. Panjang, satuannya: meter (m)
2. Massa, satuannya: kilogram (kg)
3. Waktu, satuannya: detik/sekon (s)
4. Suhu, satuannya: kelvin (K)
5. Kuat arus listrik, satuannya: ampere (A)
6. Intensitas cahaya, satuannya: candela (cd)
7. Jumlah/banyak zat, satuannya: mole (mol)

b. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih dari besaran pokok. Beberapa contoh besaran turunan adalah sebagai berikut:
1. Luas, satuannya: meter persegi (m$^2$)
2. Volume, satuannya: meter kubik (m$^3$)
3. Kecepatan, satuannya: meter per sekon (m/s)
4. Percepatan, satuannya: meter per sekon kuadrat (m/s$^2$)
5. Gaya, satuannya: newton (N = kg.m/s$^2$)
6. Usaha, satuannya: joule (J = kg.m$^2$/s$^2$)
7. Daya, satuannya: watt (W = kg.m$^2$/s$^3$)
8. Tegangan listrik, satuannya: Volt (V = A.Ohm)
dan lain-lain.

2. Satuan

Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk membandingkan suatu besaran. Satuan dibedakan menjadi dua yaitu satuan tidak baku dan satuan baku.
a. Satuan tidak baku, adalah satuan yang jika digunakan oleh orang yang berbeda dapat menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda. Contoh satuan tidak baku adalah depa, hasta, jengkal, langkah kaki, dan lainnya.
b. Satuan baku, adalah satuan yang digunakan oleh orang yang berbeda memberikan hasil pengukuran yang sama. Contoh satuan baku adalah meter, kilogram, liter, dan lain-lain.

3. Sistem Satuan Internasional

Satuan internasional adalah satuan yang berlaku di seluruh negara. Satuan internasional untuk panjang adalah meter, untuk massa kilogram, untuk waktu detik atau sekon, untuk suhu kelvin, dan sebagainya.

4. Alat Ukur

Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengetahui nilai suatu besaran melalui kegiatan pengukuran. Alat ukur panjang seperti penggaris (mistar), meteran (rol meter), jangka sorong, mikrometer skrup. Alat ukur massa seperti neraca pasar (timbangan pasar), neraca o'hauss, neraca elektronik (timbangan digital). Alat ukur waktu seperti arloji (jam), stopwatch, dan lainnya. Alat ukur suhu seperti termometer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)