Pengertian Statistika

Pengertian Statistika

Statistika merupakan istilah yang berasal dari bahasa Italia statista yang berarti negarawan. Pada mulanya statistika digunakan dalam mengelola data kenegaraan.
Dalam perkembangannya, statistika tidak hanya digunakan dalam mengumpulkan data kependudukan berkaitan dengan administrasi pemerintahan saja, melainkan sebagai alat dalam pengambilan keputusan dan kebijakan untuk pemecahan permasalahan kehidupan manusia.
Statistika digunakan dalam segala bidang ilmu dan kehidupan manusia. Statistika digunakan untuk pemecahan permasalahan secara nyata dalam kehidupan manusia sehari-hari.
Penggunaan statistika dalam berbagai bidang telah membuat kemajuan dalam peradaban dunia. Penelitian-penelitian yang dilakukan dalam laboratorium maupun penelitian terapan telah membawa perubahan dan kemajuan dunia.
Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai peran dari statistika. Statistika digunakan sebagai alat bantu dalam pengumpulan data, melakukan analisis atas segala gejala-gejala yang diamati.
Berdasarkan hasil analisis suatu gejala-gejala yang diamati tersebut disimpulkan dan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan statistika gejala-gejala kompleks yang diamati dapat disederhanakan dan memberikan makna yang dapat dipahami.
Pada umumnya banyak orang menyamakan pengertian statistik dengan statistika. Statistika (statistics) dan statistik (statistic) memiliki pengertian yang berbeda. Secara sederhana, statistik (statistic) berkenaan dengan ukuran dari sekelompok data atau angka-angka. Statistika (statistics) berkenaan dengan metode, teknik dan prosedur dalam pengolahan data, penafsiran dan pengambilan keputusan atas sekelompok data.
Dengan demikian statistika merupakan ilmu yang mempelajari metode pengumpulan data, pengolahan dan interpretasi data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan berdasarkan data yang telah dikumpulkan secara obyektif atau fakta sebenarnya. Sedangkan sekelompok data yang dikumpulkan dan dianalisis merupakan statistik.

Demikianlah postingan tentang pengertian statistika. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)