Menjumlahkan Bentuk Aljabar

Menjumlahkan Bentuk Aljabar

Tiga buah bangku bisa kita singkat dengan $3b$, sembilan ekor ayam misalnya kita singkat dengan $9a$. Apa maksudnya?, ya maksudnya $3b$ dan $9a$ merupakan beberapa bentuk aljabar. Bentuk aljabar banyaknya tak terhitung, karena bentuk aljabar merupakan suatu contoh. Suatu angka atau bilangan saja juga merupakan bentuk aljabar. Kemudian kita akan menjumlahkan bentuk-bentuk aljabar.
Contoh-1: $5a+6a=11a$, ya misalnya 5 buah apel ditambah 6 buah apel maka akan menghasilkan 11 buah apel.
Contoh-2: $-3p+2p=-p$, ya misalnya saya meminjam 3 buah pensil kemudian saya kembalikan 2 buah pensil maka saya masih meminjam sebuah pensil.
Contoh-3: $a+b=a+b$, ya misalnya seekor ayam ditambah seekor bebek pasti tidak mungkin bisa bergabung menjadi campuran tubuh ayam dengan bebek, sehingga tidak dapat dijumlahkan.
Contoh-4: $7m+1=7m+1$, ya jelas bahwa $7m$ dengan $1$ tidak dapat dijumlahkan karena $1$ sebuah konstanta dan tidak memiliki variabel $m$.
Dapat kita simpulkan bahwa:
Suku atau bentuk aljabar yang memiliki variabel sama itu dapat dijumlahkan. Sedangkan suku-suku yang berbeda variabel itu tidak dapat dijumlahkan. Serta suku yang bervariabel dan suku yang tidak bervariabel itu tidak dapat dijumlahkan.


Demikianlah postingan singkat ini. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)