Manfaat Statistika di Bidang Bisnis dan Industri

Manfaat Statistika di Bidang Bisnis dan Industri

Statistika berperan besar pada proses inovasi pengembangan bisnis dan industri. Statistika sebagai metode merupakan kunci sukses untuk menyelesaikan atau mendapatkan solusi permasalahan yang dihadapi dalam dunia bisnis dan industri, yaitu pencapaian kinerja yang bisa bersaing dengan keunggulan kompetitif. Hampir semua aspek dalam bisnis dan industri menggunakan statistika untuk membuat formula dan analisis data dalam rangka membantu pengambilan keputusan strategis dan manajerial. Dalam era keunggulan dan daya saing yang sangat ketat, inovasi menjadi isu sentral dalam pengembangan bisnis dan indusri. Inovasi menjadikan cara untuk mendapatkan keuntungan bisnis dengan menciptakan dan mengkomersialkan produk baru untuk bisa bersaing dengan pihak eksternal, atau paling tidak dapat mengejar ketinggalan.
Inovasi dalam statistika merupakan suatu proses yang Iengkap untuk pengembangan produk dan proses. Inovasi dapat terjadi dalam semua tahapan proses dalam bisnis dan industri sebagai suatu aktivitas yang dapat direncanakan secara sistematis. Statistical thinking merupakan proses berfilosofi yang sangat mendasar dalam membuat inovasi. Statistical thinking digunakan bersama-sama dengan penggunaan metode statistika untuk melakukan pengukuran, peningkatan dan pengendalian mutu di semua aspek kinerja bisnis dan industri. Peran statistical thinking didasari dari fakta untuk desain proses pengendalian statistika dan desain eksperimen dalam membuat inovasi dalam statistika.
Konsep inovasi dalam statistika memberikan ide-ide baru dalam pengembangan dan/atau penerapan statistika untuk meningkatkan kinerja bisnis dan industri, yang meliputi inovasi produk dan proses. Inovasi dalam statistika lebih luas dikembangkan dalam aspek pengendalian proses statistika yang dihasilkan dari penggabungan dengan bidang statistika lainnya, seperti metode time series, kontrol proses, analisis multivariat, metode nonparametrik, riset operasi. Six Sigma merupakan pendekatan perbaikan kinerja bisnis dan industri yang bertujuan untuk menemukan dan menghilangkan penyebab kesalahan atau cacat dalam proses bisnis. Pendekatan ini menggunakan strategi terobosan yang terdiri dari empat tahap proses perbaikan, yaitu: mengukur, menganalisis, meningkatkan, dan pengendalian. Setiap tahapan dilakukan dengan metode statistika dan bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan produk sebagai aktivitas dalam meningkatkan kinerja sesuai dengan standar atau target yang ditetapkan. Hasil akhir dari inovasi statistika adalah model atau formula kinerja bisnis dan industri yang memenuhi standar sesuai kebutuhan stakeholder, yaitu pelanggan, karyawan, masyarakat di mana bisnis beroperasi, dan pemegang saham. Sebagai contoh inovasi statistika diberikan penerapan Six Sigma untuk desain formula statistika yang ditampilkan dalam bentuk diagram peta kendali dan sistem informasi untuk menvisualisasikan informasi ekstensibilitas secara real melalui web e-cammerce yang dapat digunakan pihak manajemen untuk peningkatan kinerja profitabilitas perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)