Apa itu pernyataan?

Apa itu pernyataan?

Unit terkecil yang berhubungan dengan logika adalah kalimat. Kalimat-kalimat yang diperhatikan dalam logika bukan sebarang kalimat tetapi kalimat-kalimat yang bernilai benar atau salah, tetapi tidak keduanya. Jenis kalimat ini disebut pernyataan (statement).
Setiap pernyataan adalah sebuah kalimat, tetapi sebuah kalimat belum tentu sebuah pernyataan. Hanyalah kalimat-kalimat yang bersifat “menerangkan sesuatu” atau kalimat deklaratif yang dapat digolongkan sebagai pernyataan. Akan tetapi, tidak semua kalimat yang menerangkan sesuatu dapat digolongkan sebagai pernyataan.

Definisi:
Pernyataan adalah kalimat deklaratif yang bernilai benar atau salah, tetapi tidak keduanya.

Istilah lain dari pernyataan adalah proposisi (propositions) atau kalimat tertutup. Jika sebuah pernyataan benar, maka pernyataan tersebut dikatakan mempunyai nilai kebenaran “benar”. Jika sebuah pernyataan salah, maka nilai kebenarannya adalah “salah”,
Contoh 1:
Berikut ini adalah contoh pernyataan:
(a) Bumi adalah bulat.
(b) 2+3=5.
(c) Airadalah benda padat.
(d) Temperatur pada permukaan planet Venus adalah 800°F.
(e) Matahari akan terbit besok pagi.
Kalimat (a) dan (b) adalah pernyataan dengan nilai kebenaran "benar". Kalimat (c) adalah pernyataan dengan nilai kebenaran "salah". Kalimat (d) adalah kalimat deklaratif yang nilai benar atau salahnya kita tidak tahu pada saat ini.; akan tetapi pada prinsipnya kita dapat menentukan nilai kebenarannya sehingga (d) adalah pernyataan. Kalimat (e) adalah pernyataan karena bernilai benar atau salah, tetapi tidak keduanya, meskipun kita harus menunggu sampai besok pagi untuk memastikan nilai kebenarannya.

Contoh 2:
Berikut ini adalah contoh bukan pernyataan:
(a) Bukalah pintu itu!
(b) Apakah anda dapat berbahasa Cina?.
(c) $x$ Lebih besar dari 3 ($x$ adalah variabel yang menunjukkan bilangan).
Kalimat (a) adalah perintah dan kalimat (b) adalah pertanyaan. Kalimat (c) bukan pernyataan karena nilai tertentu yang diberikan untuk x kita tidak dapat mengatakan apakah bernilai benar (lebih besar 3) atau salah (lebih kecil atau sama dengan 3).

Demikianlah ulasan materi tentang pernyataan yang berkaitan dengan himpunan dan logika. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)