Jenis-Jenis Pecahan

Jenis-jenis Pecahan

Pada postingan ini saya akan memaparkan jenis-jenis pecahan, tetapi sebelumnya apakah kalian sudah mengerti apa itu pecahan?. Pecahan atau disebut dengan fraksi adalah bilangan yang berasal dari bagian suatu kuantitas tertentu.
Setelah kita mengerti tentang pengertian pecahan, maka selanjutnya saya akan memaparkan jenis-jenis pecahan.
Jenis-Jenis Pecahan
1. Pecahan Biasa
Pecahan biasa merupakan bilangan pecahan yang berbentuk $\displaystyle \frac{a}{b}$ atau $a/b$ dengan $b$ tidak 0 (nol). Pecahan biasa terdiri atas bilangan yang di atas atau disebut pembilang dan bilangan yang letaknya di bawah atau disebut penyebut. Sebagai contoh bilangan pecahan biasa $\displaystyle \frac{2}{3}$ maka 2 disebut pembilang dan 3 disebut penyebut.
2. Pecahan Campuran
Pecahan campuran berasal dari pecahan biasa yang nilai pembilangnya lebih besar dari nilai penyebut. Bentuk dari pecahan campuran ada tiga bagian bilangan yakni bilangan tengah, bilangan atas dan bilangan bawah. Sebagai contoh pecahan biasa $\displaystyle \frac{5}{3}$ yang secara logikanya bahwa 5 dibagi 3 hasilnya 1 dan sisanya 2 maka nilainya ditulis dalam bentuk $\displaystyle 1\frac{2}{3}$.
3. Pecahan Desimal
Pecahan desimal terdapat dua bagian yakni bagian kiri dan bagian kanan. Kedua bagian dipisah oleh tanda "," dibaca "koma". Contoh 25,478 dibaca "dua puluh lima koma empat tujuh delapan".
4. Pecahan Persen (per seratus)
Pecahan persen berbentuk $a$% dimana $a$ merupakan bilangan real. Nilai dari $a$% = $\displaystyle \frac{a}{100}$.
5. Pecahan Permil (per seribu)
Pecahan permil berbentuk $a ^{0}/_{00}$ dimana $a$ adalah bilangan real.
Demikianlah postingan mengenai jenis-jenis pecahan, sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecahan Istimewa

Bilangan Basis (Pengertian dan contohnya)

Operasi Fungsi (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)