Unsur-Unsur Lingkaran

September 13, 2020
 Amatilah lingkaran pada gambar berikut:


Titik A, B, C, D, dan F terletak pada lingkaran. Titik O berada di tengah-tengah ruas garis AB dan ruas garis CF. Titik E berada di tengah-tengah ruas garis AC. Unsur-unsur Unsukaran dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Titik O disebut pusat lingkaran yaitu titik tertentu yang mempunyai jarak yang sama terhadap semua titik pada lingkaran.
  2. Ruas garis OA disebut jari-jari lingkaran, yaitu jarak dari pusat lingkaran ke titik pada lingkaran. Dapatkah kamu menunjukkan jari-jari lingkaran yang lain?, Coba sebutkan.
  3. Ruas garis AB disebut diameter atau garis tengah, yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran yang melalui titik pusat. Sebutkan diameter lingkaran lainnya.
  4. Garis lengkung ADC disebut busur lingkaran (busur AC), yaitu suatu lengkung yang melalui titik-titik pada lingkaran. Sebutkan busur lingkaran lainnya.
  5. Ruas garis AC disebut tali busur, yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Sebutkan tali busur lainnya.
  6. Daerah lingkaran yang dibatasi oleh ruas garis OB, OC dan busur lingkaran BC disebut juring OBC (juring lingkaran), yaitu daerah lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur lingkaran dan dua jari-jari. Sebutkan juring lingkaran lainnya.
  7. Daerah yang dibatasi oleh ruas garis AC dan busur lingkaran AC disebut tembereng, yaitu daerah lingkaran yang dibatasi oleh sebuah tali busur dan busur lingkaran.
  8. Ruas garis OE disebut apotema tali busur, yaitu jarak dari pusat lingkaran ke tali busur.

Itulah unsur-unsur yang terdapat pada lingkaran. Sekian postingan ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar